5 Penampilan Fisik Susu Sapi Berkualitas Untuk Pangan

5 Penampilan Fisik Susu Sapi Berkualitas Untuk Pangan

Susu sapi berkualitas yang bahan baku terbaik untuk memproduksi olahannya. Tidak hanya sebagai minuman, saja, tetapi kadang juga dimanfaatkan untuk industri lainnya, misalnya kosmetika dan kecantikan.

Setiap industri memiliki standarnya sendiri, terlebih lagi jika susu tersebut dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Lalu bagaimana standar yang ditetapkan untuk sus tapi berkualitas jika akan digunakan konsumsi oleh khalayak ramai? Simak penjelasan di bawah ini

Standar Susu Sapi Berkualitas Untuk Pangan

Untuk menentukan standar susu sapi berkualitas memerlukan uji laboratorium yang kemudian hasilnya akan dibandingkan dengan SNI. Dari situ Anda akan mengetahui kualitasnya.

Namun, bagi orang awam, rasanya tidak mungkin jika setiap kali hendak membeli susu sapi murni, harus memeriksakannya sendiri ke lab. Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas bagaimana penampakan fisiknya  yang dapat menjadi indikator bagaimana kualitas susu sapinya.

Warna Susu Sapi

Penampakan fisik yang akan terlihat pertama kali adalah warna. Susu sapi murni akan memiliki warna yang putih bersih seperti tulang. Kadang terlihat semu kekuningan samar. Artinya masih segar.

Lalu, seluruh bagiannya adalah larutan sempurna, tanpa terlihat adanya gumpalan apapun. Termasuk di dalamnya gumpalan lemak. Jika Anda melihatnya, maka susu tersebut sebaiknya tidak digunakan lagi. Penyebabnya, gumpalan menandakan bahwa ada bagian susu yang bereaksi dengan bakteri sehingga menggumpal.

Tekstur

Anda perlu memperhatikan tekstur susu sapi. Konsistensinya cair tidak kental apalagi membentuk pasa. Hampir mirip dengan air, namun lebih berat dan berwarna putih. Jika Anda merasakan lebih berat, maka biasanya susu tersebut sudah basi.

Bau

Susu yang berkualitas baik tidak akan berbau, hanya akan tercium samar-samar aroma khasnya yaitu creamy. Namun sebaliknya. Anda akan mencium aroma yang tidak enak, seperti bau asam samar-samar. Sebaiknya, jika persediaan susu Anda sudah mengeluarkan aroma seperti itu, disarankan tidak menggunakannya lagi.

Rasa

Uji organoleptik yang pertama adalah rasa. Anda dapat mencicipi sedikit saja, lidah pun sudah cukup peka dengan perubahan yang ada. Susu murni yang berkualitas tidak akan memiliki rasa apapun, kecuali gurih khas susu yang samar dan creamy yang ringan. Walaupun sudah dicampur dengan perasa, biasanya jika Anda cukup peka, kedua rasa dasar ini akan tetap tinggal di lidah.

Kebersihan

Susu sapi yang baik tidak akan memiliki kotoran apapun. Bahkan sebelum didistribusikan kepada masyarakat, biasanya peternak akan menyaringnya terlebih dahulu. Sehingga tidak ada kotoran yang cukup besar yang ikut pada kemasan. Misalnya bulu sapi atau butiran kerikil.

Kini Anda sudah mengetahui, bagaimana standar susu sapi berkualitas. Dengan demikian, tingkat asupan gizi pada keluarga pun akan jauh lebih baik. Dengan kecukupan nutrisi, anak-anak akan berkembang dan bertumbuh dengan optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *