Langkah Jitu Menggunakan Kamera di Studio Shooting

Bali United Studio | Jakarta's newest and largest independent studio for  your production needs. Open to all clients. Best quality, affordable  pricing.
source gambar : baliunitedstudio.com

 

Kamera shooting adalah perangkat yang digunakan untuk merekam gambar video. Biasanya kamera ini digunakan saat melakukan proses shooting video. Kamera Shooting cukup mudah digunakan apabila penggunanya mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Berikut merupakan langkah jitu menggunakan kamera di Studio Shooting antara lain :

  1. Lepas Penutup Lensa

Langkah awal untuk menggunakan kamera shooting adalah dengan menjauhkan lens cap dari lensa kamera. Saat membeli kamera shooting, pasti akan disediakan lens cap untuk menutup lensa pada kamera. Tujuannya adalah untuk melindungi lensa dari goresan. Hal ini disebabkan karena lensa kamera dibanderol dengan harga mahal, sehingga diperlukan perlindungan tepat.

 

  1. Proses Memasukkan Memori

Langkah kedua dalam menggunakan kamera shooting adalah dengan memasukkan memori kamera. Proses ini dapat dilakukan dengan cara membuka penutup yang tersedia di bagian belakang kamera, kemudian arahkan ujung tumpul memori kearah pintu masuk kartu memori. Masukkan memori kecelah tersebut sampai menimbulkan bunyi “klik”.

 

  1. Kecangkan Tali Pegangan Bila Tidak Memakai Tripod

Langkah ketiga dalam menggunakan kamera shooting adalah dengan mengecangkan bagian tali pegangan apabila tidak memakai tripod saat pengambilan video. Namun biasanya, saat pengambilan video beberapa kameramen menggunakan tripod untuk memudahkan pekerjaan mereka. Tripod sendiri adalah alat stan yang digunakan untuk membantu badan kamera agar bisa berdiri tegak.

 

  1. Pindahkan Posisi Tombol Power

Untuk menyalakan kamera shooting adalah dengan memindahkan posisi tombol power. Proses ini dapat dilakukan dengan memindahkan posisi tombol power dari off ke on dengan menekan tombol kunci pada kamera. Tahan tombolnya untuk beberapa saat, kemudian dorong ke bawah. Setelah itu kamera shooting akan menyala dan siap digunakan.

 

  1. Buka Layar LCD

Tidak sampai sana, sebelum menggunakan kamera shooting dengan sepenuhnya ada langkah lain yang perlu dilewati yaitu langkah membuka layar LCD. Untuk membuka layar LCD bisa dilakukan dengan menekan tanda panah yang tersedia pada layar, kemudian dibuka searah tanda panah. Dengan begitu akan membuat viewfinder yang ada pada kamera shooting akan mati secara otomatis.

 

  1. Memulai Rekaman

Untuk memulai rekaman pada kamera shooting maka tekan tombol start. Sedangkan saat dirasa sudah cukup melakukan rekaman video dan ingin menghentikan aktivitas merekam, maka tekan tombol stop.

 

  1. Posisi Tangan Saat Merekam

Untuk mendapatkan hasil serta sempurna saat merekam video, maka diperlukan posisi memegang kamera yang tepat. Saat menggunakan kamera shooting, posisi tangan kiri saat memegang kamera adalah dengan jari-jarinya yang diletakkan pada grip zoom kamera. Sedangkan tangan kanan memegang shutter kamera dan bertugas untuk mengatur settingnya.

 

  1. Posisi Berdiri yang Benar

Selain posisi tangan, dibutuhkan juga posisi berdiri yang benar saat mengoperasikan kamera shooting. Meskipun teknik yang akan diberikan terlihat sederhana, namun teknik ini akan berpengaruh pada hasil rekaman Anda. Pertama-tama buat salah satu lutut sedikit membengkok dengan posisi kaki bersudut 45 derajat satu sama lain. Teknik ini akan meningkatkan kestabilan yang membuatnya dapat berdiri kokoh.

 

  1. Aktifkan Fitur Steady Shoot

Untuk menunjang kualitas hasil rekaman, maka aktifkan fitur steady shoot yang ada pada kamera shooting. Fitur ini cukup berarti dalam mengurangi guncangan pada kamera. Sehingga video yang didapatkan terlihat lebih sempurna.

Bali United Studio adalah tempat yang ideal untuk membuat mimpi menjadi kenyataan. Apabila berminat untuk menyewa studio dengan fasilitas yang lengkap maka Anda bisa langsung datang ke alamat dibawah ini :

 

Bali United Studio : Jl. Duri Utama Raya No. 43 RT11 / RW07 Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta 11510.

Studio Office          : +6288293353247

Deasy                     : +628158211288

Ranggi                    : +6287880011465

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *