5 Cara Supaya Uang Ngumpul Buat Tabungan Hingga Pensiun

Salah satu cara yang bisa menjamin hari tua kita sejahtera adalah dengan memiliki tabungan pensiun. Dana pensiun ini sebagai bekal menempuh kehidupan di hari tua agar tidak perlu menggantungkan diri kepada orang lain.   

Untuk itu mulailah menabung sedini mungkin demi keberlangsungan masa tuamu. Jika masih punya tunggakan cicilan barang online, segera lunasi dan kurangi belanja yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Terlihat sederhana dan mudah, ternyata tidak semua orang dapat menabung dengan teratur. Ada beberapa orang yang amat kesulitan untuk menahan serta menyisihkan uang untuk ditabung. Hal ini biasa terjadi pada mereka terbiasa hidup konsumtif.

Tetapkan Tujuan Awal Menabung

Dengan menentukan tujuan menabung akan membuat kita lebih fokus dalam aktivitas tersebut. Kita juga akan lebih termotivasi ingin cepat  mencapai apa yang sudah menjadi target awal yang ditetapkan. Intinya semua akan berjalan dengan baik dan on track jika memiliki tujuan yang jelas.

Berbeda dengan jika kamu tidak memiliki tujuan yang jelas, ini akan membuat kamu kehilangan minat dalam menabung. Akhirnya kamu pun tidak bisa menabung dengan baik atau malah terus  menunda-nundanya.

Menentukan Nominal

Untuk membantu kamu konsisten dalam menabung serta berhemat dalam belanja, kamu harus menentukan minimal nominal yang harus kamu simpan setiap hari, minggu atau bulannya. Menentukan banyaknya nominal yang harus ditabung dapat membuat proses menabung lebih cepat terkumpul.

Hal ini juga dapat membantu memperkuat target yang telah kamu buat, sehingga kamu akan lebih konsisten dalam menyisihkan uang untuk ditabung.

Memisahkan Tabungan

Untuk menghindari uang tabungan terpakai membeli barang-barang tidak berguna, kamu perlu memisahkan rekening uang tabungan dengan uang belanja. Beberapa orang mempunyai kecenderungan selalu ingin belanja jika mempunyai uang. Jika kamu salah satu diantaranya, kamu perlu melupakan uang yang telah masuk ke rekening tabungan.

Dengan demikian kamu tidak akan tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk membeli barang atau bersenang senang dengan teman. Cara ini sangat efektif untuk siapa pun yang ingin mulai menabung, terlebih jika kamu sudah memiliki gaji tetap.

Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Masyarakat perkotaan umumnya memiliki gaya hidup konsumtif misalnya karena pengaruh lingkungan. Kebiasaan seperti ini membuat orang sulit atau bahkan tidak bisa menabung walaupun pendapatan orang yang bekerja di perkotaan relatif besar.

Untuk mengantisipasinya, sejak awal terapkan pola hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan. Kamu perlu tekad dan niat yang tinggi untuk bisa menabung, agar target kamu cepat tercapai sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

Memang sulit untuk tidak terpengaruh dengan lingkungan yang dekat dengan kita, kamu hanya perlu konsisten dengan apa yang telah kamu mulai.

Hati-Hati Dalam Mengambil Cicilan Online

Cicilan barang online membuat kita tidak merasa mengeluarkan banyak uang, namun tiba-tiba saja kamu akan mendapatkan banyak tagihan. Untuk menghindari hal tersebut, maka sangat disarankan untuk bijak dalam mengambil cicilan secara online.

Penggunaan cicilan tanpa kartu kredit merupakan salah satu penghambat kamu dalam menabung. Bersikap bijaklah dalam menggunakan cicilan tanpa kartu kredit jika kamu ingin bisa menabung dengan efektif.

Jangan memandang cicilan online sebagai kemudahan untuk berutang, namun sekedar fasilitas transaksi modern. Tanamkan dalam benak kamu, bahwa apa yang kamu cicil sebenarnya sudah ada dananya di tabungan hanya saja masih diputar untuk kebutuhan yang lebih prioritas. 

Selain itu, mulailah selektif dalam memilih layanan cicilan online. Pilih yang pasti dan sudah terdaftar di OJK seperti Kredivo. Jangan memaksakan diri jika kondisi finansial tidak sanggup membayar cicilan.

Mungkin inilah yang diberikan Kredivo, untuk pengguna basic tetap bisa memanfaatkan cicilan dengan limit yang lebih rendah maksimal Rp3 juta. Namun, keuntungannya tetap bisa dicicil dengan tenor 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 3%.

Pada dasarnya keberhasilan menabung tergantung pada keteguhan diri-sendiri dalam membatasi pengeluaran. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam melakukan perencanaan tabungan hingga hari tua.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *