4 Makanan Bisa Menjadi Nutrisi Otak Agar Membuat Anak Lebih Cerdas

4 Makanan Bisa Menjadi Nutrisi Otak Agar Membuat Anak Lebih Cerdas

Selama masa tumbuh kembang anak, maka orang tua wajib mendampingi dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi dan gizi mereka setiap harinya. Tentunya sebagai orang tua, anda ingin sang buah hati menjadi individu yang cerdas dan sehat.

Nah, perlu diketahui jika ada beberapa makanan yang dapat menjadi nutrisi otak atau brain food. Makanan-makanan tersebut bisa menambah konsentrasi dan daya ingat, pastinya sangat cocok diberikan pada proses tumbuh kembang anak. Lantas apa saja makanan tersebut? Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk otak.

Beberapa Jenis Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

Menyajikan menu makanan terlebih lagi untuk para anak bisa dibilang cukup sulit. Terlebih lagi anak biasanya cepat bosan. Sehingga para orang tua harus memutar otak agar anak mau tetap makan dan kebutuhan nutrisi dan gizinya tetap terjaga. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak untuk anak, anda bisa membuat kreasi dengan beberapa makanan berikut ini.

1. Salmon

Makanan pertama yang bisa menjadi nutrisi otak anak adalah salmon. Ya, sudah diketahui banyak orang jika salmon mengandung asam lemak. Asam lemak omega 3 diketahui berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan otak.

Penelitian juga menunjukkan jika orang yang mendapat asam lemak omega 3 lebih banyak, maka mereka dapat berpikir lebih tajam. Tuna juga mengandung omega 3 tapi tidak sebagai salmon.

2. Sayuran Berwarna

Selanjutnya ada sayuran berwarna, seperti wortel, bayam, labu, tomat, dan beberapa sayuran berwarna lainnya adalah sayuran-sayuran yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Sayuran berwarna akan membuat sel-sel otak menjadi lebih kuat dan sehat. Tapi tentunya anda harus mengelola sayuran dengan benar agar nutrisi dan gizinya tetap terjaga dengan baik, sehingga bermanfaat bagi tubuh.

3. Telur

Telur biasanya menjadi salah satu menu favorit para anak. Selain menjadi makanan favorit, telur juga mudah didapat dan menjadi sumber protein. Tapi harus diketahui juga jika telur mengandung kolesterol. Meskipun begitu, bagian kuning telur mengandung kolin. Kolin adalah suatu zat yang dapat membantu perkembangan daya ingat pada otak.

4. Buah Berry

Buah berry seperti stroberi, blackberry, raspberry, blueberry, dan lain sebagainya ternyata mengandung berbagai nutrisi penting bagi kesehatan manusia. Seperti vitamin C yang dapat mencegah kanker, kemudian beberapa penelitian menunjukkan jika stroberi dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat. Selain itu biji berry pun mengandung asam lemak omega 3.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk nutrisi otak. Selain makanan, minuman seperti susu pun baik sebagai brain food. Produk susu memiliki kandungan vitamin B dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi ini baik untuk pertumbuhan jaringan otak, enzim, dan neurotransmitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *