Teknik Menulis bagi Pemula Agar Cepat Selesai

Kegiatan menulis memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Untuk itu, jika Anda tertarik hingga menerbitkan sebuah naskah di cetak buku murah, maka ada beberapa teknik dapat diterapkan. Hal ini pun sebenarnya juga berhubungan dengan keterampilan dan keahlian di balik itu semua.

Teknik Menulis bagi Pemula

Menulis bagi seorang pemula memang diperlukan latihan dan harus berlatih secara rutin agar keterampilannya terus terasah. Oleh sebab itu, teknik di bawah ini juga wajib dilakukan dengan konsisten agar sebuah naskah benar-benar matang dan siap terbit melalui cetak buku murah.

  1. Memilih Ide dan Konsep

Hal yang paling awal dan utama adalah menentukan ide dan konsep. Misalnya saja Anda bisa mengambilnya dari lingkungan sekitar sehingga nantinya tidak akan kesulitan untuk mencari sumber inspirasi. Contohnya materi kuliah untuk kehidupan sehari-hari hingga kegemaran diri sendiri.

Penulis yang masih pemula harus bisa menentukan ide dan konsep mereka. Hal ini dilakukan agar mereka mampu memahami apa isi tulisannya. Tujuannya pembaca pun juga dapat paham apa maksud dan pesan di dalamnya.

  1. Menyiapkan Kerangka Isi

Teknik berikutnya yakni dengan menyiapkan kerangka isi sebelum memulai menulis. Hal ini dilakukan mulai dari penentuan kerangka, poin-poin penting hingga susunan secara detail. Dalam hal ini berguna untuk memudahkan seorang penulis menyelesaikan tulisannya.

Ketika penulis mengalami adanya kebuntuan atau macet saat menulis, maka  bisa melihat kerangka isi yang sudah dibuat untuk melanjutkannya kembali. Dengan adanya outline ini, mereka akan terarah tanpa keluar jalur pada saat menyelesaikannya.

  1. Melengkapi Materi Pendukung

Sesudah ide dan konsep selesai ditentukan, kini Anda bisa melanjutkan dengan melengkapi seluruh materi pendukung sebagai pelengkapnya. Hal ini bertujuan agar buku tersebut benar-benar selesai dalam keadaan lengkap.

Materi pendukung ini dapat dilakukan dengan cara riset, pengamatan hingga penelitian. Penulis bisa melakukannya melalui studi terdahulu, perpustakaan, internet, wawancara sumber, diskusi dan lain sebagainya.

Teknik menulis bagi seorang penulis pemula memang penting untuk dikuasai. Pasalnya hal ini menunjukkan apakah mereka benar-benar memiliki kemampuan penulisan atau tidak. Jadi sebelum datang ke cetak buku murah, pastikan naskah Anda sudah siap terbit dan tersusun secara baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *