4 Lagkah Membedakan Daging Ayam Segar Menggunakan Yang Telah Busuk

TEMPO.CO, Jakarta – Daging ayam jadi salahsatu bahan kuliner yang paling banyak diolah buat sajian Idul Fitri. Selain jadi opor, ayam jua seringkali dimasak jadi satai atau ayam goreng bumbu. Jika belum menyetok daging ayam, masih ada waktu buat membelinya. 

Sebelum memasaknya, pastikan daging ayam yg disiapkan masih segar. Cara paling gampang mengetahuinya merupakan mengombinasikan kabar berapa usang ayam dipotong atau dibekukan, ditambah menggunakan pengamatan indera. 

Berikut empat cara paling mudah buat mengetahui bahwa daging ayam yg akan dimasak masih segar. 

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Food and Drugs Administration, ayam mentah boleh disimpan selama dua hari pada lemari es. apabila sebelumnya daging ayam dibekukan, batas saat ini akan berlaku selesainya daging cair sepenuhnya.

Jika membeli ayam pada pasar swalayan, lihat tanggal pengemasan atau best by di bungkus. apabila Anda sudah melewati tanggal, kemungkinan akbar ayam tadi nir kondusif dikonsumsi.

apabila tidak ada keterangan lepas, gunakan petunjuk visual buat membantu. Bagaimana rupa ayamnya? Apakah warnanya masih merah belia, berdaging, atau sudah mulai berubah sebagai abu-abu kusam?

Saat ayam membusuk, warnanya memudar dari merah belia menjadi abu-abu kusam. apabila ayam mempunyai warna keabu-abuan, sebaiknya jangan pakai.

Baca pula: Tips Memilih Ayam Segar, Kenali Ciri Daging Bangkai dan Berformalin

Tes penciuman adalah indera yg berguna buat mengetahui apakah ayam sudah busuk atau masih layak. Ingatlah bahwa ayam nir sepenuhnya bebas bau, tetapi jangan sampai ayam berbau menyengat atau sangat berbau busuk. Jika baunya tajam atau asam, itu tandanya sudah tidak baik. 

4. Lihat dan rasakan teksturnya

Ayam secara alami memiliki tekstur yang mengilap & agak licin. Namun jika terasa misalnya terdapat lapisan sesuatu di atas ayam dan terasa sangat lengket dan tebal, sebaiknya tidak menggunakan ayam tersebut.

Daging ayam yg segar juga biasanya keras dan elastis. Tapi hindari membeli ayam yang dagingnya terlalu kaku, atau jika nir pulang ke bentuk aslinya saat ditekan dengan jari.

THE KITCHN 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *