Impor Arab Saudi

Apakah Jasa Impor Arab Saudi Mau Ganti Rugi Jika Barang Disita?

Bagi Anda yang sering mengirim atau membeli barang dari luar negeri, jasa Impor Arab Saudi menjadi pilihan yang paling banyak diminati. Saat Anda mempercayakan pengiriman barang dari luar negeri ke jasa import, harapan Anda tentunya barang bisa sampai dengan selamat, cepat, praktis dan tepat waktu. Antara lain, Anda berharap jasa ekspedisi siap mengganti barang jika disita bandara.

Namun pada kenyataannya banyak terjadi penyitaan barang-barang yang dipasok oleh jasa impor sehingga menghambat barang tersebut sampai di tempat tujuan. Ada beberapa alasan mengapa barang Anda dapat disita atau ditahan:

  1. Penerima Tidak Berpengalaman Sehingga Tidak Memiliki Dokumen Lengkap

Penerima barang yang Anda percayakan untuk menangani barang impor mungkin tidak memiliki izin impor atau dokumentasi yang diperlukan. Karena ada beberapa barang yang memerlukan dokumen lebih dari sekedar izin impor.

  1. Layanan Impor Yang Kurang Bertanggung Jawab

Freight forwarder barang impor Anda tidak akan menginformasikan kepada Anda tentang dokumen impor wajib untuk ditunjukkan ke bea cukai, hal inilah yang membuat barang tersebut ditahan saat tiba di Indonesia.

  1. Adanya Pemeriksaan Jalur Merah (PJM)

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan fisik yang dilakukan terhadap barang impor selain verifikasi dokumen. Sehingga konon hal yang satu ini sudah lumrah bagi penyedia jasa impor dan ekspor, sehingga tidak perlu lagi membayar pajak dan cukai Indonesia.

Namun pada tahun 2017, pemerintah Indonesia menerapkan aturan baru untuk menghentikan jenis layanan ini. Dan pemecatan ini juga berarti banyak barang impor yang ditahan karena tidak bisa membayar pajak dan tidak memiliki dokumen resmi.

Apakah Jasa Impor Siap Mengganti Barang Sitaan?

Terlihat bahwa salah satu penyebab barang Anda disita di bea cukai adalah karena jasa Impor Arab Saudi. Dan jika anda sudah memilikinya, karena anda bukan orang yang banyak pengaruhnya tentunya akan lebih sulit lagi untuk mengambil barang sitaan tersebut. Apakah jasa impor siap mengganti barang sitaan? Jawabannya tergantung apakah klaim asuransi Anda sudah sesuai dengan ketentuan layanan impor yang Anda pilih.

Impor Arab Saudi

Padahal, setiap jasa impor bertanggung jawab atas barang yang dikirim sejak barang diterima hingga tiba di tempat tujuan. Namun perlu diingat bahwa setiap layanan impor pasti memiliki peraturan tersendiri untuk dapat mengabulkan klaim asuransi kargo yang Anda ajukan. Jadi pastikan Anda memahami apa saja peraturan yang berlaku. Jika penyitaan barang karena kesalahan dari dinas impor, maka dinas impor siap menggantikan barang sitaan tersebut.

Pada dasarnya, Jasa Impor Arab Saudi siap mengganti barang sitaan jika sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun, tak ada salahnya jika Anda juga mengetahui lebih jauh tentang ketentuan proses reimbursement yang dikenakan pada jasa ekspedisi yang Anda gunakan. Sehingga jika sewaktu-waktu terjadi penyitaan barang, klaim asuransi Anda dapat dengan mudah diajukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *