Langkah Pembatalan Polis Asuransi

Walaupun kesadaran untuk memiliki asuransi mobil terbaik telah meningkat, akan tetapi masih saja ada masyarakat yang memilih untuk membatalkan polis asuransi mereka. Pembatalan tersebut dilakukan dengan berbagai alasan misalnya membutuhkan dana besar secara mendadak atau tertarik dengan asuransi yang lain dengan benefit berbeda.

Langkah Pembatalan Polis Asuransi

Membatalkan polis asuransi sebenarnya cukup mudah. Akan tetapi, aturan dan prosesnya berbeda-beda sesuai dengan jenis asuransi yang ingin anda batalkan, metode pembayaran dan lainnya. Di bawah ini ulasan mengenai langkah untuk membatalkan polis asuransi yang perlu anda ketahui.

  1. Menghubungi Pihak Asuransi

Langkah pertama anda perlu menghubungi pihak asuransi dan mempersiapkan data yang diperlukan misalnya data diri serta data asuransi. Jangan sampai saat anda menghubungi pihak asuransi mobil anda, anda belum mempersiapkan data yang anda miliki sehingga akhirnya proses pembatalan polis asuransi pun menjadi terhambat.

  1. Menjelaskan Alasan Pembatalan Polis Asuransi

Berikutnya anda juga perlu menjelaskan alasan pembatalan polis asuransi mobil kepada pihak asuransi. Mungkin ketika anda membeli asuransi terdapat informasi yang belum dijelaskan atau tidak anda ingat terkait pembatalan polis. Dengan memberikan alasan pembatalan ini mungkin pihak asuransi akan memberikan solusi terbaik.

  1. Mengisi Form Pembatalan Polis

Sama seperti saat anda membeli asuransi, ketika anda membatalkan polis anda juga perlu mengisi form pembatalan polis. Isi form tersebut secara lengkap dan benar. Jika ada yang kurang jelas, maka anda bisa bertanya pada pihak asuransi langsung.

  1. Memahami Kebijakan Asuransi

Dalam pembatalan polis anda perlu memahami kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan asuransi yang anda miliki. Pembatalan polis sesuai dengan kondisi polis yang anda beli.  Anda bisa mendapat seluruh dana yang anda bayar jika anda masih berada pada masa cooling off  (14 hari sesudah membeli asuransi).

Jika sudah lewat masa tersebut maka anda perlu mematuhi kebijakan yang diterapkan oleh pihak asuransi. Namun ada pula perusahaan asuransi yang menerapkan peraturan berbeda dalam proses pembatalan polis. Saat anda membatalkan polis maka anda akan kehilangan seluruh uang premi yang telah anda bayarkan atau hanya mendapatkan sebagian saja.

Demikian ulasan mengenai langkah pembatalan polis asuransi yang sebaiknya anda ketahui. Bagi anda yang tertarik untuk membeli asuransi mobil maka Insureka adalah jawaban yang tepat. Anda bisa memilih produk asuransi sesuai kebutuhan mobil anda dan juga kondisi keuangan yang tersedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *