4 Kreasi Menu Sarapan Pagi Simpel dan Bergizi

4 Kreasi Menu Sarapan Pagi Simpel dan Bergizi

Tahukah Anda bahwa sejatinya sarapan sangat penting sebelum memulai aktivitas? Terlebih untuk anak sekolah yang akan memiliki banyak aktivitas di sekolah. Dengan mengonsumsi makanan yang bergizi akan membantu memenuhi asupan gizi anak dan mencerdaskan otak. Lalu, menu sarapan pagi apa saja yang simpel dan bergizi? Simak 4 kreasi menu ini.

1. Omelet Kentang Wortel

Omelet kentang wortel bisa menjadi pilihan untuk sarapan. Mengandung kentang sebagai karbohidrat, telur dan keju sebagai protein, dan wortel yang mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan anak.

Cara penyajiannya pun cukup mudah. Terlebih dulu parut kentang dan wortel. Kocok telur dalam wadah dan masukkan susu cair, garam, dan merica lalu campur hingga merata. Campurkan ayam, kentang, keju dan wortel ke dalam wadah dan aduk hingga rata. Masukkan campuran dalam wajan dan gulung hingga menjadi omelet. Omelet siap disajikan.

2. Nasi Kepal Isi Tuna

Nasi masih menjadi pilihan utama sebagai menu sarapan. Namun, Anda bisa mengkreasikan nasi menjadi nasi kepal dengan isian tuna. Menurut penelitian, Ikan tuna mengandung protein, mineral, dan vitamin yang baik untuk merangsang kecerdasan otak.

Untuk membuat nasinya, siapkan nasi putih panas dan dicampurkan dengan nori yang sudah dicincang kasar. Untuk isiannya, masak ikan tuna yang sudah dicincang dengan jagung pipil, timun, dan garam. Setelah semua siap, ambil nasi kemudian beri isi dan bentuk menjadi segitiga atau bentuk lucu lainnya. Anda bisa menambahkan mayonaise sebagai saus pelengkap.

3. French Toast Kacang Susu

Menu sarapan pagi lainnya dengan berbahan dasar roti adalah French toast kacang susu. Makanan satu ini akan menjadi menu favorit anak karena rasanya enak. Makanan ini dibuat dari roti tawar, susu, telur, selai kacang, dan pisang ambon. Kandungan nutrisi dalam pisang meliputi protein, vitamin A, B, C, kalium, dan magnesium yang bagus untuk pertumbuhan tulang anak.

Cara membuatnya, kocok telur dan susu kemudian sisihkan. Oleskan roti tawar dengan selai kacang kemudian tambahkan potongan pisang sebagai topping dan tutup lagi dengan roti tawar. Celupkan roti ke dalam adonan telur dan panggan roti dalam wajan yang sudah diberi margarin hingga kedua sisinya berwarna cokelat. French toast sudah siap disantap.

4. Mac n Cheese

Pasta satu ini sangat mudah dibuat pada pagi hari. Paduan pasta makaroni dan keju akan menghadirkan semangat anak untuk menjalani aktivitas. Pertama, siapkan air, garam, merica, makaroni, susu, dan keju cheddar yang sudah diparut.

Siapkan makaroni, air, dan garam dalam mangkuk tahan panas. Masak makaroni tersebut dalam microwave hingga matang. Setelah matang, tambahkan susu, keju, garam, dan merica. Aduk hingga keju sedikit meleleh. Masukkan kembali semua bahan ke dalam microwave dan tunggu sekitar 1 menit. Aduk campuran dan mac n cheese sudah bisa dinikmati.

Nah, itulah 4 kreasi menu sarapan pagi yang bisa Anda coba. Memenuhi gizi sedari pagi akan membuat anak lebih semangat dan siap untuk menjalankan aktivitas di hari tersebut. Biasakan anak untuk sarapan agar kebutuhan gizinya bisa dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *