Mengenal UX Design dan Berkarir sebagai UX Designer

Kesempatan pekerjaan di dunia IT semakin banyak dan bisa dimanfaatkan oleh segala bidang, termasuk untuk UX Design. Secara umum, pekerjaan ini akan berhubungan dengan kenyamanan pengguna dalam menjalankan aplikasi atau software tertentu.

Mengenal UX Design dan Berkarir sebagai UX Designer

Jika dilihat dari pengertiannya, UX (User Experience) merupakan sebuah pengalaman pengguna yang dibuat untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan aplikasi Anda. Misalkan dengan kemudahan fitur, layanan, atau pembayaran.

Tahap Perkembangan UX Desain di Dunia

Perkembangan IPTEK yang dikaitkan bidang User Experience cukup mengalami peningkatan. Tak hanya harus bisa memberikan manfaat, tetapi diharapkan nisa menjadi salah satu bagian untuk pekerjaan baru untuk generasi milenial ke bawah.

Hal ini menjadikan UX sebagai salah satu alat kekinian yang manfaatnya bisa dirasakan oleh semua pihak yang terlibat. Bahkan, tak jarang, jeis aplikasi dari UX akan bisa membantu bisnis online untuk kebutuhan user dapat ikut berkembang dan melebarkan sayap.

Maka, secara teknis, UX akan membantu mengejawantahkan kebutuhan konsumen online, menjadi sebuah kebutuhan bisnis yang bisa dikembangkan. Baik untuk tim developer di bidang ini, maupun owner bisnis, semuanya akan bisa memaksimalkan peluang yang ada.

Peluang Kerja sebagai UX Designer

Di antara beberapa peluang kerja yang bisa didapatkan seorang UX Designer antara lain sebagai berikut.

  1. UX Researcher

Seorang UX Researcher akan bertugas dalam meneliti perilaku pengguna. Di dalamnya juga mencakup segala kesempatan pengembangan yang bisa dilakukan : baik berupa User Interviews, Observasi, Survey, Usability Test, Kemudahan Aplikasi, dll.

  1. UX Designer / Product Designer

UX Designer sebagai penentu desain produk akan memikirkan tentang alur suatu produk atau aplikasi agar memiliki nilai efisiensi, efektivitas, dan manfaat yang besar untuk penggunanya. Upaya yang bisa dilakukan yakni dengan membuat flowchart dan wireframe.

  1. UI Designer

Seorang UI Designer memiliki tanggung jawab dalam membuat desain dengan kualitas High Fidelity. Hal ini tentu untuk melihat sebesapa besar minat user, pada setiap prototype jenis produk atau aplikasi yang yang sudah bisa di klik.

Dalam mengembangkan kemampuan desain menggunakan UX design dan melihat kemungkinan peluang kerjanya, tentu tak boleh Anda sia-siakan. Jika passion Anda ada di sini, maka manfaatkanlah hal itu agar Anda bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *