Cara Menentukan Daging Ayam Yg Berkualitas Baik Dan Layak Dikonsumsi – Urban – Www.indonesiana.id

Kamis, 15 April 2021 07:29 WIB

Urban

Topik Utama

Dibaca : 1.347 kali

Karkas ayam atau daging ayam broiler adalah keliru satu komoditas yang penting dicermati menurut aspek gizi, sosial budaya & mempunyai prospek ekonomi yg cukup baik di Indonesia. Meningkatnya jumlah penduduk yang semakin pesat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah permintaan produk ternak terutama daging ayam, lantaran harganya yang murah dan proteinnya tinggi.

Namun produk ayam broiler ini bisa jua sebagai media pembawa agen penyakit yg dapat membahayakan kesehatan manusia, fauna dan lingkungannya. Guna menjamin agama wargamengenai kesejukan dan kehalalan daging, maka Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan rekomendasi sosialisasi daging ayam ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal). Sosialisasi daging ayam ASUH bukan saja diperuntukkan bagi pihak yang terkait bertanggung jawab pada ketersediaan daging ayam namun sosialisasi juga ditujukan buat konsumen daging ayam broiler.

Pemotongan daging ayam wajibdilakukan secara baik & halal & harus  memenuhi persyaratan hygiene sanitasi dengan hasil produk berupa karkas ayam  utuh yang memenuhi persyaratan daging ayam ASUH. Daging ayam yg ASUH adalah daging ayam yang Aman nir mengandung bibit penyakit (bakteri, kapang, kamir, virus, cacing, parasit), racun (toksin), cemaran logam berat, cemaran pestisida, residu obat dan hormon, cemaran zat berbahaya serta bahan-bahan/unsur-unsur lain yang dapat mengakibatkan penyakit dan akan mengganggu kesehatan insan. Sehat berarti mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan & pertumbuhan insan, Utuh berarti nir dicampur dengan bagian-bagian lain berdasarkan fauna yg nir layak konsumsi & Halal berartikan perolehan & penyembelihan ternak ayam sesuai dengan syariat kepercayaanIslam.

Kriteria Kualitas Daging

Sebelum membeli daging ayam konsumen harus benar pada menentukan dan mengkonsumsi daging, kualitas daging ayam broiler ditentukan sang beberapa faktor, baik dalam saat fauna masih hidup juga selesainya dipotong. Faktor penentu kualitas daging pada saat fauna hidup adalah cara pemeliharaan, yang meliputi: pemberianpakan, proses pemeliharaan mulai dari starter samapai dengan finisher, & perawatan kesehatan. Faktor penentu kualitas daging dalam ketika sehabis dipotong adalah pengeluaran darah pada ketika hewan dipotong & kontaminasi setelah hewan dipotong.

Cara simpel menentukan daging sapi yg baik & ASUH

a. Warna daging segar dan berkualitas tentu tidak sama dengan warna daging yg telah busuk.

b. Daging sapi yg masih fresh berwarna merah muda & segar. Sedangkan warna daging yg nir segar berwarna putih pucat.

c. Daging berkualitas baik memiliki rasa gurih & aroma yg sedap.

a. Daging ayam yang segar memiliki tekstur yang padat & terasa elastis. Tekanlah sedikit daging tadi, apabila pulang ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar.

b. Hal ini tidak sinkron berdasarkan daging yg busuk dimana daging tadi akan terasa lembek dan berair saat ditekan.

c. Jangan pilih daging yang bengkak atau terlalu keras.

a. Daging yg segar memiliki aroma yg segar jua dan menimbulkan bau busuk atau asam.

a. Ayam yg mengeluarkan banyak darah menandakan penanganan ayam dengan cara kasar, dan risiko kontaminasi bakteri yang jauh lebih akbar. 5. Keempukan

a. Daging ayam yang segar, jika ditekan dengan jari akan memiliki konsistensi kenyal.

a. Pastikan anda membeli daging menurut penjual / supplier daging yang profesional mempunyai izin halal. Supplier atau penjual daging wajibmemiliki sertifikat biarhalal menurut pihak MUI.

b. Pilihlah daging yg nir berair, lantaran bila berarir maka daging tadi telah berada relatif lamaberada pada udara bebas.

a. Lalat memang sebagai hewan yg dihindari lantaran membawa bibit penyakit. Tapi adanya lalat tidak selalu tanda tidak baik, lalat sanggup menjadi indikator yang baik. Dengan adanya lalat yg hinggap pada daging ayam, mengindikasikan bahwa daging ayam masih sehingga lalat suka .

b. apabila ayam di pasar nir dihinggapi lalat, bisa jadi daging ayam tersebut mengandung bahan kimia sebagai akibatnya lalat nir suka .

8. Tidak Berlemak Pada Serat Daging

a. Ciri ciri daging ayam yg baik merupakan tidak terdapat lemak pada antara serat daging.

9. Kulit Ayam Tidak Kering dan Tidak Berlendir

a. Ciri ciri daging ayam yang sehat adalah kulit pada ayam tidak kering & tidak berlendir.

a. Ciri karakteristik daging ayam yang sehat merupakan serat pada daging ayam halus dan saat disayat terdapat darah yg keluar.

b. Serat daging ayam halus, mudah dikunyah dan digiling, mudah dicerna, dan memiliki tekstur lembut.

Kriteria Daging Yang Tidak Baik

Bau dan rasa nir normal akan segera tercium setelah fauna dipotong. Hal tadi dapat ditimbulkan sang :

Hewan sakit yang menderita radang & bersifat akut dalam organ pada akan mengakibatkan daging berbau tengik.

Hewan dalam pengobatan akan menghasilkan daging yg berbau obat – obatan.

Warna daging nir normal akan mengurangi selera konsumen.

kekenyalan daging rendah menandakan daging tidak normal (jika ditekan menggunakan jari akan terasa lunak) dapat mengindikasikan daging tidak sehat, apaila disertai dengan perubahan rona yg tidak normal maka daging tadi nir layak dikonsumsi.

Daging yang busuk dapat mengganggu kesehatan konsumen lantaran Daging yg  busuk menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Hal ini ditimbulkan karena penanganan yang kurang baik pada ketika pendinginan, sehingga aktivitas bakteri pembusuk semakin tinggi, atau karena terlalu lamadibiarkan ditempat terbuka dalam ketika relative lamadalam suhu kamar, sebagai akibatnya terjadi proses pemecahan protein oleh enzim – enzim pada daging yang membentuk amoniak dan asam sulfide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *