Tips Memilih Tes Psikologi Online, Jangan Sampai Salah!

Tes psikologi online kini banyak digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya yaitu untuk seleksi pegawai baru di suatu perusahaan. Tes psikologi sendiri merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk mengukur perilaku dan potensi seseorang.

Psikotes ini juga dapat dilakukan secara offline maupun online. Secara offline maka tesnya dilakukan dengan bertatap muka secara langsung, sedangkan dengan cara online dengan menggunakan teknologi dan akses internet sehingga dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja secara online.

Tips Memilih Tes psikologi online

Pelaksanaan psikotes online ini dengan memanfaatkan aplikasi psikotes atau platform psikotes online. Tes secara online ini juga akan lebih menguntungkan dan efisien baik bagi perusahaan maupun calon pegawainya. Tes psikologi ini berfungsi untuk mengukur potensi, kecerdasan, dan kepribadian dari calon pegawai. 

Selain itu, dengan diadakannya tes psikologi ini maka perusahaan dapat menentukan posisi mana yang cocok untuk pegawai. Karena pentingnya tes ini maka setiap pelaksanaannya Anda harus menggunakan psikotes yang terbaik.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih tes psikologi online yang dapat Anda terapkan:

1. Cocokkan Alat Ukur dengan Kemampuan dan Kompetensi yang Ingin Diukur

Pastikan Anda menggunakan psikotes yang tepat untuk mengukur skill yang paling relevan untuk lowongan posisi yang sedang dibuka. Karena banyaknya aspek yang diukur kurang penting dibandingkan relevansinya dengan kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk suatu posisi. Hal ini agar perusahaan dapat menemukan pegawai yang tepat.

2. Memiliki Teknologi Pendukung untuk Meminimalisir Kecurangan

Salah satu kekhawatiran dari penggunaan psikologi online adalah adanya kecurangan. Selain kecurangan, ketidakaslian respon peserta selama mengerjakan tes dapat menjadi masalah. Karena tes yang digunakan untuk keperluan seleksi maka pastinya ada kemungkinan peserta akan menjawab secara tidak jujur saat mengerjakannya agar terlihat baik di mata perusahaan.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan psikotes online yang memiliki fitur keamanan seperti kamera handphone atau kamera webcam yang dapat mendeteksi jika terjadi kecurangan pada tes psikologi online seperti tes dikerjakan oleh orang lain.

3. Platform Mudah Dipahami dan Mudah Digunakan

Pastikan platform yang digunakan mudah di pahami dan digunakan oleh calon pegawai bahkan untuk orang yang baru pertama kali melakukan psikotes online. Anda dapat memilih platform yang memberikan instruksi yang jelas dengan contoh atau latihan pengerjaan agar pesertanya lebih mengerti cara pengerjaannya sehingga dapat mengerjakan tes dengan benar.

Jika platform yang digunakan sulit dipahami dan digunakan oleh pesertanya maka nantinya pasti akan berpengaruh saat pengerjaan tesnya dan dapat berpengaruh juga pada hasil tesnya.

4. Adanya Fitur-Fitur Lengkap

Beberapa platform tidak hanya menyediakan tes saja namun juga memiliki fitur lain seperti halaman karier, integrasi dengan Google Meet atau Zoom, integrasi dengan email untuk pengiriman hasil seleksi dan ada pula metode penilaian lain untuk melengkapi hasil psikotes.

Platform yang memiliki fitur lengkap pastinya akan mempermudah pengerjaan tim rekrutmen dan dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk seleksi.

5. Pilih Platform dan Alat Ukur yang Fleksibel dan Dapat di Customize

Dengan menggunakan platform yang fleksibel dan dapat di customize maka Anda dapat menyesuaikan aspek-aspek yang dibutuhkan dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Salah satu platform untuk tes psikologi online yang dapat Anda gunakan yaitu NS Development. Dengan menggunakan NS Development maka Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Anda dapat melakukan custom alat tes dan juga dapat custom psikogram yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dengan mempertimbangkan jembatan ataupun kondisi pekerjaan.

Selain itu, fitur-fitur yang disediakan juga lengkap dan terbaik. Setiap alat tes yang digunakan adalah alat tes standar yang sudah divalidasi dalam penggunaan secara online. Terdapat pula proctoring atau hidden camera yang dapat menangkap wajah peserta tesnya untuk melihat aktivitas ataupun raut wajah peserta selama mengerjakan tes.

Hasil tes psikologi online yang akan diterima juga terjamin keakuratannya. Proses skoringnya juga dilakukan oleh sistem sehingga lebih cepat dan minim terjadinya human error. Dengan semua kelebihan tersebut maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan NS Development.

Tips Memilih Tes Psikologi Online, Jangan Sampai Salah!